Welcome!

Welcome!



Pengalaman Kursus Stir Mobil RDC

Halo guys, ketemu lagi dengan gue Wegi, dan di posting kali ini, gue mau ngeshare tentang pengalaman gue kursus mobil sampai saat ini (tinggal tiga pertemuan) lagi. Sebenernya susah-susah gampang sih stir mobil ini, tapi tetap gue bangga karena dengan kursus stir mobil ini setidaknya kita udah bisa melihat kondisi jalanan sebenarnya dan apa aja sih yang harus diterapkan dalam berkendara dengan aman dan sesuai peraturan yang berlaku.

Kenapa gue harus bisa stir mobil atau berkendara mobil? Ya itu wajib karena gue cowo dan juga ini untuk masa depan gue nantinya dimana gue kerja nanti ataupun gue udah sukses untuk memenuhi kebutuhan optional gue nantinya dikeluarga ataupun ditempat lain. 





Nah,setelah perjalanan kesana-kemari untuk mencari tempat kursus mobil, gue akhirnya menemukan tempat kursus mobil yang terakreditasi baik dan sudah terkenal dibidangnya dan hampir semua industri otomotif menjadi sponsor kursus mobil ini, yup! ini dia, RDC (Real Driving Center) yang berlokasi di Margonda Raya, Depok. Gue ambil paket BTP atau bisa disebut dengan Basic Training Package dengan 7 kali pertemuan masing-masing 2 jam dan + kelas teori 4 jam! (yaitu memang betul-betul dikhususkan untuk orang-orang yang belum pernah pegang kendali mobil/mobil atau berkendara menggunakan mobil termasuk gue) dan mobil yang gue ambil adalah bertransimisi Manual. 

Nah, untuk biaya mungkin diantara banyak orang bisa dikategorikan lumayan mahal, tetapi itu ga berlaku karena sesuai dengan kualitas dan fasilitas yang ditawarkan. Di RDC ini gue dilayanin dengan ramah waktu pendaftaran, dan uniknya di RDC ada gift / hadiah yang dikasih secara cuma-cuma apakah itu diskon, dalam bentuk hadiah untuk agama masing-masing, misalnya yang Islam dapet sajadah, yang Kristen/Katolik dapet Alkitab atau puji Syukur dan semuanya itu baru gue temuin di tempat kursus ini.

Nah, langsung aja akhirnya tepat tanggal 20 agustus 2014 gue latihan kursus mengemudi PERDANA di RDC, wih nih jantung deg-deg'an tapi mau ga mau harus dijalanin, dan akhirnya tibalah gue ditempat kursus dan naik keatas ruangan untuk bertemu dengan instrukturnya.



Hari 1 (Pertemuan 1):

-Gue dapet instruktur Mas Darnu namanya, kelihatan wajahnya sih gue perkiraan 28 tahunan eh ternyata udah mau 40 dan udah punya anak 1! sekilas orangnya baik dan ramah. wow, akhirnya singkat cerita, hari pertama ini kita ga langsung dibawa ke jalan raya, tetapi jadi penumpang dulu, dan sampailah gue ketempat latihan yaitu di GDC / Grand Depok City, nah disitu gue bertukar posisi sama instrukturnya Mas Darnu, kagok- kagok deh gue, ga pernah ngendarain mobil begitu pegang stir langsung tegang ditempat. Diajarin cara pegang stir yang baik, tata cara mengemudi, menghafalkan perseneling / gigi, kopling, rem dan gas pandangan jauh dekat, pengenalan button, fasilitas dalam mobil dan sebagainya, stop and go, setelah selesai dan dicoba menghafal dan hasilnya lumayan hafal, akhirnya gue disuruh jalanin tuh mobil, waah, jalan...! gue seneng, injek gasnya ternyata harus pake perasaan sama remnya, kalo kopling juga harus pinter maininnya karena kalo salah bisa ngejut atau mati mesin. Dan selama 2 jam latihan gue masih kacau banget mengemudinya dan untungnya mas Darnu ngajarinnya dengan sabar dan berulang-ulang. hehe.. Maklumlah gue baru pertama jadi nerveous + kagok jadi satu. Uniknya dikursus RDC ini setiap akhir pertemuan ada nilainya lho.. ^^



Hari 2 (Pertemuan 2):

-Dipertemuan kedua ini gue dibawa lagi ke GDC dan masih jadi penumpang dari tempat kursus, untuk melatih feel pandangan kiri dan kanan waktu berkendara dan pemantapan berkendara mulai dari pemindahan perseneling, kopling, rem dan gas harus tepat. Gue diajarin bagaimana cara puter balik dan itupun masih kacau, dan juga diajarin gimana caranya menyalakan lampu dim, mengatur gas dan rem serta melatih kepercayaan diri sewaktu membawa kendaraan. Dan masih dengan instruktur yang sama yaitu mas Darnu dengan kesabarannya sehingga sedikit demi sedikit gue mulai ngerti walaupun secara keseluruhan masih awam banget naik mobil. hehe..



Hari 3 (Pertemuan 3):

-Dipertemuan ketiga ini, masih menjadi penumpang dan masih di GDC, gue diajarin sama instruktur yang berbeda yaitu mas Rangga, dan mas Rangga ngajarin tentang pemantapan dari materi-materi yang gue udah dapet sama instruktur sebelumnya yaitu mas Darnu dan mulai dibawa ke Jalan yang mulai agak rame setelah GDC, itu perasaan gue seperti bingung + kagok campur jadi satu karena baru kali itu nyupir tapi kondisi jalanan lumayan sempit dan padat. Jadi semua materi yang didapat dipraktekkan dengan semaksimal mungkin walaupun mungkin hasilnya masih belum maksimal.


Hari 4 (Pertemuan 4):

-Dipertemuan ke-4 ini mulailah gue yang bawa mobilnya dari tempat kursus ke GDC dan terus melaju ke jalan setelah GDC dimana situasi yang rame, jalanan yang sempit, banyak mobil, motor, dan orang lalu lalang kesana kemari dan sumpah itu rasanya seperti pasar, begitu ramenya tetapi ga serame jalan raya sih, dimana disitu angkot juga asal-asalan, jadi disini gue harus bisa fokus, tenang dan tetap pada jalur gue berkendara. Karena naik mobil gue diajarkan harus sesuai jalur dan lintasan yang berlaku dan ditentukan. Dan untuk pertemuan kali ini gue bertemu lagi dengan mas Darnu, orangnya sih sepintas lucu juga lama-lama jadi akrab, dan Mas Darnu ini baik, jadi guega bosen kalo diajarin sama mas Darnu. Gue sampai dikompleks perumahan untuk latihan muter kiri, kanan, kiri, kanan dan mundur. Sejauh ini sih kata Mas Darnu gue udah lumayan lancar tinggal 3 pertemuan lagi untuk pemantapan berkendara lagi sama katanya mau diajarin parkir pararel, mundur pararel, zig zag dan woahh!! gue siap dan akan terus berjuang agar gue bisa berkendara dengan baik nantinya! 


Hari 5 (Pertemuan 5):

-Dipertemuan ke-5 ini gue udah bawa mobil dari tempat kursus RDC di Margo City trus ke arah GDC tapi engga ke GDCnya dan langsung melaju ke arah Bojonggede dan hingga 1 jam tibalah ke Cibinong, selama perjalanan jalan raya itu rame banget, mulai dari angkot ngetem di stasiun, lalu lalang kendaraan dari simpang jalan dan orang-orang yang nyebrang serta kondisi jalanan yang makin sempit membuat gue harus fokus dan tenang dalam berkendara. So far, menurut instruktur gue kali ini yaitu mas Rangga, gue udah aman bawa mobilnya tinggal pemantapan lagi dibagian perpindahan perseneling antara kopling, gas sama rem dan dikasih tips2 khusus berkendara serta jangan panik kalo ditanjakan. Dan masih sisa 2 pertemuan lagi dan gue harus bisa!! 


Hari 6 (Pertemuan 6):
-Nah, tibalah ke pertemuan ke-6 tanggal 07 Oktober 2014 , dimana gue sekarang udah yang megang stir mulai dari tempat kursus, arah GDC dan gue seneng dipertemuan ini karena ketemu lagi sama mas Darnu, dan so far menurut penilaian beliau gue bawanya udah cukup bagus, tinggal rem tangan sama tanjakan yang gue masih agak plin-plan. Hari ini diarena latihan setelah GD gue diajarin parkir pararel, zig zag membentuk angka 8 dengan mobil dalam keadaan maju ataupun mundur, dan wah itu harus konsen banget dan fokus tapi tetap tenang. Nah, setelah selesai belajar itu dan dinilai bisa, gue langsung bawa mobil lagi dari area latihan ke Dmall untuk parkir disana dan sejauh ini gue bawa mobilnya dari perjalanan lumayan tenang dan rileks. Ya, mungkin karena efek pertemuan ke-6 kali ya, hehe... Dan sesampainya di Dmall gue disuruh parkir, cari lahan kosong, sebenernya mau gue rekam gue naik mobilnya eh baterai hapenya low bat -_-" haha.. Ya udah gapapa, semoga dipertemuan terakhir bisa diabadikan. Dan sejauh ini Mas Darnu ngajarnya baik banget meskipun gue yang kadang-kadang bengel alias lola.. haha tapi tetep fokus kok dalam belajar ^^.. Dan dipertemuan berikutnya (minggu depan) gue harus bisa untuk pemantapan berkendara secara maksimal. Amin! 

Hari 7 (Pertemuan 7):

Yap, inilah hari terakhir gue latihan mengendara dan gue sudah full bawa mobil untuk ujian dan test drive, gue dibimbing dua instruktur sekaligus! yaitu Mas Darnu dan Mas Rangga, dan gue sempet kagok pas pertama tapi terakhirnya puji Tuhan lancar yaitu dimana gue latihan parkir lagi, zig zag, mundur, rem tangan di tanjakan dan turunan. dan gue seneng banget, karena dihari ini ujian driving gue lancar dan perpisahan gue foto-foto sama mereka trus akhirnya balik, diperjalanan balik gue juga yang bawa kemudinya sampai tempat kursusnya dan masih ada pertemuan kelas lagi yaitu 4 jam pertemuan ditanggal 5 November nanti. So far, gue seneng kursus disini dan sekian pengalaman dari mengemudi gue di RDC untuk kali ini ya... ! ^_^


Oh ya, saran gue buat temen-temen yang mau ambil kursus mobil harus pilih-pilih dan hati-hati ya, banyak yang jam prakteknya banyak tapi cuma 1 jam karena nurut gue 1 jam itu ga buat kita mahir karena itu cuma sebentar dan temen-temen pasti ga bakal kerasa kalo waktunya udah habis nanti. Dan juga pilih yang berkualitas dan sudah terkenal dan memiliki instruktur yang berpengalaman biar temen-temen nanti belajar mengemudi betul-betul temen-temen yang mengemudi bukan dibantuin sama instrukturnya. Instruktur dari kursus mobil yang baik akan membantu temen-temen dalam keadaan darurat apabila temen-temen nanti berkendara, jadi sepenuhnya temen-temen yang atur kendali dengan terlebih dahulu diajarkan sama instrukturnya.



Nah, karena budah selesai kursusnya, sampai disini dulu ya guys, ntar gue lanjutin lagi kalo udah training atau latihan lagi di tahap advance / expert di RDC.. See you! ^^